Dokter Hermina: Resep MPASI yang Bagus untuk Bayi 12 Bulan

 

Untuk pasangan yang baru menikah biasanya pasangan wanita mengalami menstruasi. Setelah haid maka rencana untuk segera hamil dapat dilakukan. Ketika masa haid selesai maka dapat berhubungan saat masa subur dimana harinya dapat dihitung dari masa subur masa haid. Selanjutnya, pasangan perlu mengonsumsi asam folat yang memberikan persiapan untuk kebutuhan janin dan persiapan kehamilan dalam kandungan ibu pada minggu yang pertama. Selain itu menurut dokter Hermina, perlu mengonsumsi vitamin E dan protein untuk menjaga kestabilan hormon yang mengatur kesuburan dan menjaga berat badan sehingga tidak kegemukan karena apabila gemuk maka akan membuat timbunan lemak dalam tubuh.

Untuk hamil maka pria perlu mengetahui masa subur pria, terutama ketika pagi hari atau pada suhu udara yang dingin dan masa suburnya ditandai dengan sperma yang baik dan pria lebih subur ketika rutin melakukan hubungan. Jika ingin hamil maka pilihlah posisi bercinta yang nyaman untuk wanita karena ini akan mempengaruhi kehamilan, perhatikan juga kondisi kesehatan dan menikmati hubungan antara istri dan suami. Selain itu, keduanya harus memiliki asupan gizi yang cukup masuk dalam tubuh dengan mengonsumsi sayuran sehingga membantu pembentukan permukaan rahim untuk tumbuhnya janin dan mengonsumsi buah yang baik untuk sperma.

Setelah hamil, maka perlu mengetahui perkembangan bayi 12 bulan diantaranya:

  • Kemampuan motorik kasar, dimana bayi sudah mulai berdiri, membungkuk dan berjalan dengan usaha sendiri atau menggunakan bantuan orang lain, untuk membantu perkembangan anak aspek ini maka dapat menggunakan mainan yang berada diatas meja sehingga anak akan berusaha meraihnya.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi, anak sudah mulai mengatakan papa dan mama dengan jelas karena sering digunakan, oleh karena itu orangtua sudah mulai dapat menggunakan beberapa kata dengan jelas sehingga akan membuat anak tertarik untuk mengikutinya.
  • Kemampuan motorik halus, dimana anak sudah mulai mengacak-acak mainannya atau menyusunnya, mulai mencoret dengan pensil di kertas kosong, hal ini membantu orangtua untuk mulai membimbing anak membaca buku bergambar dan mencoba maka menggunakan tangan.
  • Kemampuan secara emosional dan sosial, dimana anak sudah mulai menangis jika keinginannya tidak dipenuhi dan sudah mulai meniru atau memahami apa yang disampaikan oleh orangtua.

Untuk orangtua yang memiliki bayi usia 12 bulan maka perlu mendorong anak untuk dapat melakukan gerakan. Gerakan ini dapat dilakukan diruang yang luas atau berada di rumput yang tidak berbahaya untuk anak, hal ini membuat orangtua untuk tidak sering mengangkat maupun menggendong anak tetapi orangtua tetap harus mengawasi anak dari jarak yang dekat. Anak 12 bulan sudah biasa menggunakan peralatan yang berada disekitarnya namun jauhkan barang berbahaya.

Berikut adalah resep MPASI untuk bayi 12 bulan:

  • Dengan menggunakan tempe dan daging, menggunakan kaldu dari rebusan daging kemudian dibentuk bulat lalu dipanggang menggunakan tomat halus dan daun bawang.
  • Menggunakan ikan tuna dan kentang, menggunakan sayur bayam dan menambahkan susu lalu mengadukan semuanya hingga rata dan menambahkan saus.

Dokter Hermina menyarankan untuk mengetahui lama tidur anak di siang maupun malam hari dan jenis makanan bayi yang dikonsumsi. Orangtua juga perlu mengetahui banyak gigi anak, gerak anak seperti merangkak, berjalan, menjelajah atau melakukan respon dengan melirik ketika dipanggil perlu diperhatikan. Perlu juga mengetahui tingkah anak terhadap mainan atau buku yang membuat anak menggosok mata sehingga perlu diketahui ada tidaknya penyakit mata anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *